Loading...
 
 
read-more

PERBEKEL TARO STUDI BANDING KE PROVINSI YUNNAN CHINA


Perbekel Taro I Wayan Warka mendapatkan undangan study banding ke Provinsi Yunnan Chinna oleh Kantor Luar Negeri Pemerintah Rakyat Provinsi Yunnan China selama 7 hari dari 15 sampai 21 November 2023.

Undangan dari Kantor Luar Negeri Pemerintah Rakyat Provinsi Yunnan China ini sebanyak 10 orang yang terdiri dari I Wayan Warka Perbekel Taro Gianyar Bali, , Kepala Desa Sukadana Karangasem-Bali, Kepala Desa Ban Karangasem-Bali, Kepala Desa Seraya Timur Karangasem-Bali, Kepala Desa Bebandem Karangasem-Bali, Kepala Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar-Bali, Kepala Desa Kedisan Kintamani Bangli-Bali, YeLu Reporter dari Provinsi Bali, Nasrudin Reporter dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Hermina Debora Pello Reporter dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. 

Pengertian dari studi banding itu sendiri adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lan.

Kegiatan studi banding dilakukan oleh kelompok kepentingan untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri.

Studi banding yang dilaksanakan kali ini merupakan undangan dari Kantor Luar Negeri Pemerintah Rakyat Provinsi Yunnan China terhadap 7 Kepala Desa di Bali Indonesia dan 3 wartawan.

Kepala Desa dapat secara langsung mempelajari kehidupan di negeri Yunnan, China dengan cara mengunjungi setiap budaya, destinasi wisata, kesenian dan kehidupan tradisional, tata kelola moderenisasi digital serta bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat asli Yunnan, China.

Sebagai provinsi besar di Tiongkok Barat Daya yang berbatasan dengan Tenggara Asia, Yunnan telah memainkan peran penting dalam menghubungkan Tiongkok dengan Asia Tenggara, terutama dengan Indonesia, yang terbesar perekonomian di wilayah tersebut. Selalu menarik untuk diajak terlibat Indonesia di tingkat lokal, dalam bidang perdagangan, kebudayaan, pertukaran antar masyarakat dan pembangunan pedesaan.

Dalam hal pembangunan pedesaan, Yunnan adalah adalah tempat yang dilanda kemiskinan sepanjang sejarahnya, dengan jumlah penduduk yang hidup dalam kemiskinan terbesar di seluruh Tiongkok. Namun, kampanye pengentasan kemiskinan telah membantu mengangkat kemiskinan ratusan ribu orang keluar dari kemiskinan di Yunnan dan sekitarnya, upaya revitalisasi pedesaan terus mengubah tampilan pedesaan sehingga kini jauh menjadi lebih baik.

Diharapkan para delegasi dapat merasakan alur yang cepat pembangunan dan perubahan di daerah pedesaan Yunnan dalam pengentasan kemiskinan dan upaya revitalisasi pedesaan. Diharapkan kedepannya akan terjalin kerjasama kolaborasi dan pertukaran informasi dan pengetahuan yang membangun kedua belah pihak baik Pemerintah Provinsi Yunnan China maupun 7 Desa yang hadir diundang kali ini.

HARI PERTAMA

Hari pertama Rabu, 15 November 2023 merupakan hari keberangkatan dari rumah menuju bandara ngurah rai dihantar langsung oleh Bu Erika dan Bapak Chen Yucheng selaku konsultan Tiongkok China sembari memberikan pengarahan kepada rombongan sebanyak 9 orang yang terdiri dari 7 Kepala Desa dan 2 Wartawan.


Kemudian melanjutkan penerbangan menuju Bandara GuangZhou China transit sejenak dan kemudian kembali menuju Bandara Kunming China dan setibanya disambut oleh Miss Lou Guide China yang sangat komunikatif dan responsif terhadap kedatangan rombongan. Langsung diajak mengunjungi Danau Qinghai keliling dan disuguhi makanan khas kampung disana. Rombongan diajak keliling kampung yang sangat bersih, rapi dengan kawasan danau yang sangat eksotik.