Loading...
 
 
read-more

RAPAT EVALUASI DESA DIGITAL (DEDI) KABUPATEN GIANYAR DI TEGAL DUKUH DESA WISATA TARO TEGALLALANG GIANYAR BALI


Jumat, 30 Agustus 2019 bertempat di kawasan Desa Wisata Taro tepatnya di Obyek WIsata Perkemahan Tegal Dukuh diadakan Rapat Evaluasi Desa Digital Kabupaten Gianyar. Acara ini dimulai jam 09.00 pagi sampai dengan selesai jam 13.00 siang. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari telah di lounchingnya Program Desa Digital (DEDI) yang dilaksanakan tanggal 14 Juni 2019.


Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMD, Kabid Infokom dari Keminfo Kabupaten, Camat Se-Kabupaten Gianyar, Ketua Forum Perbekel Se-Kabupaten Gianyar, Ketua Forum BPD Se-Kabupaten Gianyar, 18 Perbekel dari Desa yang sudah menerapkan Program Desa Digital SIDILAN,KorProv P3MD Kabupaten Gianyar, Tenaga Ahli PMD Kabupaten Gianyar, IT Desa dari 18 Desa pengguna Program ini beserta pendamping Pendamping Desa masing-masing dan Manager CV. Immortal Solutions sebagai rekanan Program Desa Digital SIDILAN.


Rapat berlangsung sangat hangat dan komunikatif. Beberapa poin penting disampaikan terutama mengenai supaya adanya keseragaman dalam formasi surtat-menyurat dari Desa , Kecamatan dan Dukcapil. Juga disinggung mengenai pentingnya memberikan pelayanan yang efisien waktu dan tepat sasaran dengan pengimplementasian Program DEDI ini. Namun sangat disayangkan Kadis Dukcapil tidak hadir dalam kesempatan dan acara penting ini. Padahal pihak dukcapil memiliki peranan yang terpenting dalam evaluasi Program Desa Digital SIDILAN ini. Karena data yang terupdate di tingkat Desa seharusnya bisa bersinerji dengan data di dukcapil, sehingga bisa menjadi satu data yang terus up to date setiap waktu setiap saat.  Tim teknis SIDILAN mengharapkan adanya kejelasan dan keseragaman formasi surat-menyurat dari Dukcapil sehingga kedepannya mampu satu data satu formasi sehingga mampu Gianyar memiliki satu format surat-menyurat yang sama di setiap desa.


Setelah sambutan dan pemaparan dari Kadis PMD, dilanjutkan pemaparan teknis dan evaluasi dari Pihak CV. Immortal Solutions dan sejalan pula diadakan sesi Tanya jawab dan langsung ditanggapi secara teknis oleh pihak CV. Immortal Solutions dan oleh Kadis PMD. Beberapa evaluasi dan saran sudah diagendakan oleh pihak-pihak terkait yang sudah hadir. Diharapkan kedepannya pula, supaya semua desa dan semua instansi mampu mengadopsi system digital sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih cepat dan efisien. Dengan sebuah semboyan dan prinsip pelayanan “ Lima Menit Sudah Keluar “ artinya melayani administrasi masyarakat maksimal dalam waktu 5 menit sudah keluar surat-surat administrasi yang dibutuhkan.

Acara ini ditutup dengan makan siang bersama dengan suguhan makanan tradisional khas Desa Wisata Taro di Tegal Dukuh. Dan terakhir ada sesi photo bersama baru kemudian acara bubar dan selesai.