Loading...
 
 
read-more

PERBEKEL TARO BERSAMA PERANGKAT DESA TURUN LANGSUNG SIANG DAN MALAM KE BANJAR BANJAR MENDATA WARGA YANG TERCECER DAN BELUM PERNAH MENERIMA BANTUAN PEMERINTAH


Taro – Selasa 21 April 2020 dan Rabu 22 April 2020 Perbekel Taro I Wayan Warka bersama Perangkat Desa Taro turun ke banjar-banjar dinas sedesa taro mendampingi Kelihan Banjar Dinas dan Tim Satgas Gotong Royong Covid-19 dalam melakukan pendataan dan verifikasi data terkait bantuan selama tiga bulan senilai 600ribu setiap bulan selama tiga bulan yang bersumber dari Dana Desa (DDS).



Pendataan ini menyasar khusus bagi warga yang belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah sama sekali alias warga RTM yang masih tercecer dan untuk pekerja terPHK mengacu pada usulan kelihan banjar dinas dengan berdasar Surat Keterangan dari perusahan tempat mereka bekerja. Dengan catatan bahwa yang bersangkutan merupakan tulang punggung keluarga dan terdampak covid-19 sehingga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan primernya. 



Perbekel Taro I Wayan Warka secara langsung turun dari pagi sampai malam hari selama 2 hari berturut-turut mulai dari selasa 21 april 2020 sampai dengan rabu 22 april 2020 bersama seluruh perangkat desa taro dalam memberikan pelayanan yang memiliki akurasi kevalidan data supaya bantuan ini tepat sasaran. Warga dalam satu KK hanya bisa mendapatkan satu bentuk bantuan, baik itu bantuan raskin, PKH, sembako ataupun yang lainnya termasuk pendataan kali ini untuk yang masih belum pernah tersentuh bantuan apapun sebelumnya.



Perbekel Taro secara tegas memverifikasi warga yang diusulkan oleh Kelihan Banjar Dinas masing-masing banjar bilamana secara keberadaan sandang papan dan pangan mereka masih tercukupi dengan baik, semisal rumah sangat bagus , memiliki kendaraan roda empat dan sebagainya sehingga juga masyarakat dibina dan diedukasi supaya memiliki rasa malu bagi warga yang keberadaannya masih mampu tetapi masih mengharapkan bantuan, selayaknya kita alokasikan dan berikan kepada warga yang benar-benar layak dan membutuhkan. Semua warga yang di data juga menanda tangani surat pernyataan bahwa sudah memberikan keterangan dengan jujur dan siap bertanggung jawab secara hukum bilamana memberikan data atau keterangan yang tidak benar dan siap untuk menerima apapaun hasilnya nanti sesuai dengan keputusan rapat musyawarah desa terkait validasi dan penetapan data penerima bantuan untuk warga yang masih tercecer ini dan tidak akan menuntut siapapun bilamana tidak lolos dalam penetapan data yang diverifikasi. Perbekel Taro juga menekankan kepada seluruh Kelihan Banjar Dinas supaya pendataan ini dan kedepannya supaya benar-benar valid warga yang benar-benar layak dan berhak sehingga tidak ada lagi penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran. Prosesi verifikasi dan pendataan ini dilakukan sesuai dengan nama-nama yang diusulkan oleh masing-masing kelihan banjar dinas sedesa taro.